Pages

BONUS KUNJUNGAN ANDA, DAPATKAN SOFTWARE QUICK COUNT DAN ARTIKEL JURUS2 BISNIS PROPERTI TERKINI SECARA GRATIS DISINI !!

First Name:

E-Mail Address:




Jumat, 06 April 2012

Desain Rumah Minimalis Bernuansa Kayu

Kawasan Bogor, Jawa Barat memang masih rindang. Kondisi ini memberi inspirasi bagi arsitek Indra Tata Adilaras untuk menyusun konsep desain rumah tinggal yang menyatukan aktivitas dalam ruangan dengan suasana keterbukaan dan kenyamanan diluar ruang. Konsep terwujud pada sebuah kediaman dengan lahan berukuran 11,7mx25m di kompleks Pakuan Bogor. Pertama, arsitek memilih massa bangunan berupa dua buah kotak dimana satu kotak transparan dan satu kotak masif kemudian saling “ditabrakkan” atau berpotongan. Zona pertama adalah ruangan transparan yang menampung kegiatan umum seperti ruang tamu, ruang makan dan pantri serta dikelilingi oleh taman juga kolam ikan.


Bagian dalam ruang diolah berupa void dua lantai, disekat oleh jendela kaca dan kusen aluminium agar memberikan kesan lapang dan terang. Untuk meredam teriknya matahari, area ini dikelilingi oleh deretan bilah kayu jati sehingga elemen yang berfungsi sebagai kulit “kedua” (secondary skin) ini menjadi ciri khas hunian tersebut. Berada di ruang dalam terbuka ini bagaikan berada di beranda yang mengoptimalkan kesinambungan visual antara area indoor dan area outdoor bangunan. Desain ini juga mendukung konsep hunian tropis untuk sirkulasi udara segar dan masuknya cahaya alami.

Zona ruang yang kedua adalah ruangan masif dengan dinding solid yang dicat warna putih dan menampung kegiatan privat yaitu tiga buah kamar tidur di lantai atas dan area servis juga garasi di lantai bawah. Hubungan antara ruangan transparan dan ruangan masif diolah secara kreatif berupa sebuah tangga melingkar yang strukturnya terbuat dari baja dan pagarnya dari perforated metal sheet. Tangga yang diberi finishing cat warna hitam ini menjadi pusat perhatian (eye catcher) karena bentuk melingkarnya yang organik menjadi aksen di antara komposisi kotak geometris yang kaku pada hunian ini. Kusen baja di sekeliling ruangan transparan juga diberi finishing cat warna hitam sedangkan slab beton berlapis cor teraso dibuat menempel disekeliling dinding penyekat ruangan tamu dan ruangan makan lalu menerus ke halaman samping. Selain itu, interiornya ditata bernuansa modern yang mendukung konsep bangunannya.



Lokasi : Kediaman di Bogor, Jawa Barat
Arsitektur : Setiadi Sopandi, Supantah dan Adisuwarna Setyadi dari konsultan Indra Tata Adilaras
Lanskap : Ita Burhan
Kontraktor : Edhi Suwito
Aksesori : Katulampa Art & Craft
Karpet : Fio Carpet

0 komentar:

Posting Komentar