Pages

BONUS KUNJUNGAN ANDA, DAPATKAN SOFTWARE QUICK COUNT DAN ARTIKEL JURUS2 BISNIS PROPERTI TERKINI SECARA GRATIS DISINI !!

First Name:

E-Mail Address:




Jumat, 14 Mei 2010

Bisnis Developer Property Mulai Darimana ya ??

Semangat Pagi :)
Bisnis property memang bukan bisnis yang mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa kita praktekan. Begitupun menjadi developer. Tulisan ini lahir karena banyak yang masuk konsultasi dan pertanyaan dari teman-teman yang sudah ikut training jadi developer tapi bingung mau mengawali darimana. Alhasil dari beberapa perbincangan saya putuskan untuk menuliskan sedikit pengalaman kami ketika memulai di bisnis developer ini.
Pertama, kunci ketika kita memutuskan untuk terjun di bisnis adalah mindset. Kenapa ? karena hal ini akan berpengaruh terhadap aktifitas dan keputusan-keputusan yang akan kita ambil ke depannya. Tidak sedikit teman-teman kami yang kalau dilihat dari segi faslitas dan kondisi sudah mendukung untuk action jadi developer, tapi mereka ternyata belum berani juga malah dengan kata lain bingung mulai dari mana? Hal ini bisa disebabkan karena polapikirnya mash kiri banget. Jadi terlalu banyak yang dipikirkan dengan segala macam kemungkinan sehingga menyebabkan seseorang tidak melangkah lebih jauh.
Oleh karena itu yang pertama kali harus kita ubah adalah cara berpikir kita. Kita harus mensettng bahwa kita akan berubah menjadi seorang pengusaha/pebisnis dimana cara berpikir kita pun harus mulai berpikir layaknya seorang pebisnis. Bagaimana caranya ?

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merubah mindset kita yaitu dengan membaca buku-buku motivasi pengusaha, bergaul dengan teman-teman yang satu visi untuk menjadi pengusaha, pelajari dan catat pengalaman pengusaha2 yang sudah sukses. dan buat kata-kata yang dapat memotivasi kita untuk menjadi pengusaha. Lengkapi dengan mengikuti seminar-seminar yang akan memberkan pencerahan ttg wirausaha, sehingga hal ini akan menjadikan charge semangat menjadi pengusaha.
Setelah mindset kita berubah, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjadi developer, mulai cari data-data tanah. Fokus pada lokasi yang di inginkan. Sedikit tips untuk mencari lokasi adalah coba posisikan anda sebagai konsumen, ingin lokasi dimana, tanahnya seperti apa, sehingga ketika kita melihat sebuah lokasi, tanyakan pada diri sendiri kira-kira kalau saya buat rumah disini mau ga?
Ketiga, setelah tanah sudah ok, cek surat-suratnya SHM or bukan, usahakan cari tanah yang SHM untuk mempermudah pengurusanya. Kemudian hitung panjang & lebarnya, kira-kira bisa dijadikan berapa rumah denga type berapa. Hal ini harus dilengkapi dengan analisis pasar. Maksudnya analisis pesaing yang sudah ada, dengan meminta brosur dan berkeliling melihat-melihat lokas perumahan yang sudah ada. Hal ini untuk menentukan type rumah dan harga rumah yang akan kita jual. Jangan sampai harga rumah yang kita jual terlalu mahal atau terlalu murah.
Selanjutnya, mulai buat siteplan dan tentukan harga jual rumah. Setelah semua ok, buat brosur dan mulailah pasarkan. Sambil berjalan tes pasar, carilah info untuk perizinan dan perbankan.

2 komentar:

  1. sangat menarik mba...hmm..saya begitu tertarik dengan bisnis properti..makanya untuk langkah pertama, saya harus bisa memiliki rumah untuk diri sendiri dulu..hanya saja kendalanya klise mba..masalah pendanaan...kira2x dari mba ika kiat untk mendapatkan dana seperti apa ???
    trims

    indra T maulana
    indra.topik@gmail.com

    BalasHapus
  2. untuk pendanaan bisa dilakukan dg beberapa cara, biasanya kami mencari investor atau jika lahan sudah siap di garap & di kavling kami langsung minta booking fee atau DP.
    Untuk mendapatkan investor biasanya kami menghubungi relasi terdekat atau pasang iklan di koran dan di milis. yang penting buat proposal semenarik mungkin sehingga investor tertarik untuk investasi.

    BalasHapus