Pages

BONUS KUNJUNGAN ANDA, DAPATKAN SOFTWARE QUICK COUNT DAN ARTIKEL JURUS2 BISNIS PROPERTI TERKINI SECARA GRATIS DISINI !!

First Name:

E-Mail Address:




Senin, 19 Januari 2009

Membangun Bisnis Yang Kuat dan Sehat

Bismillah ...
subhanallah ... menulis tidak semudah yg di pikirkan ya ... i dah belajar menuliskan setiap yg hikmah yg i dpat di blog fs ... ttp msh banyak kekurangan and kesulitan ktk akan menuliskan sesuatu lagi... tapi ... hal ini tdk membuat i berhenti menulis, justru jd lebih semangat. Karena spt yg kita ketahui setiap muslim wajib berdakwah, baik dg berbagai cara, sampaikanlah walau satu ayat. So ... insya Allah i akan mencoba dan mencoba untuk terus menuliskan setiap hikmah yg i peroleh dlm perjalanan hidup ini. so kl ada salah2 kata or slah2 tulis harap maklum ya ...
Kali ini i ingin menuliskan bbrp hikmah yg i peroleh dr kegiatan Goal Setting kmrn 17-18 Jan 09 di Lembang, Alhamdulillah acaranya bagus banget, dan disni i tuliskan bbrp yg i dptkan kmrn ya.
Sesuai dg judul yg i tuliskan, bagaimana kita membangun bisnis yg kuat, ada bbrp faktor yg hrs kita persiapkan da selalu kita perhatikan. diantaranya :
1. mindset
2. informasi
3. jaringan
4. leadership
5. visi-goals

1. Mindset
Seorang pebisnis atau seorang pengusaha harus bisa merubah mindset nya ttg usaha yg akan di jalaninya. KENAPA ??? krn setiap tingkah laku kita akan dipengaruhi oleh cara berpikir kita. Oleh karena itu jika kita berpikir A maka hasil akhirnya pun akan A, walaupun kita ingin menghasilkan B tapi jika pikiran kita di A, maka ttp kita tdk akan bisa mencapai B melainkan otomatis kan menghasilkan A. Oleh karena itu yg pertama kali hrs kita fokuskan adalah pikiran kita atau mindset. mau kemana kita ??? mau jadi apa kita ??? semua terkait dg pikiran kita. Oleh karena kita hrs fokus pada apa yg akan kita capai, krn action dan hasilnya akan mengikuti sesuai dg apa yg kita pikirkan. SO .... mulai skrg yuk kita luruskan lagi apa yg sih yg kita ingin capai ??? jadi intinya fokus ke VISI
2. Informasi
Kita hrs tau informasi2 terbaru saat ini, krn seorang pengusaha wawasannya hrs luas, baik wawasan umum maupun wawasan yg berkaitan dg bisnisnya. Seorang pebisnis hrs menguasai informasi krn saat ini kita hidup di era informasi. Bagaimana seorang pengusaha itu bisa mengoptimalkan informasi yg ada sehingga tidak tertinggal jauh dg pengusaha2 yg lain.
3. Jaringan
Jaringan merupakan faktor yg penting dlam membangun bisnis kita. Dimanapun kita berbisnis jaringan memiliki arti penting dlam keberhasilan bisnis kita. Oleh krn itu sejak dini mulailah membangun jaringan. Karena jaringan akan mempermudah kita beraktifitas, mungkin kata lainnya dalam kamus seorang muslim adalah silaturahmi. Ada ungkapan silaturahmi memperpanjang umur, memang betul. Dimanapun kita berada jika kita memiliki jaringan maka kita akan lebih mudah memperluas bisnis kita. oleh karena itu perluas terus jaringan kerja kita dan jaga kepercayaan kredibilitas kinerja kita , maka insya Allah bisnis anda akan berjalan dg lancar.
4. leadership=kepemimpinan
sukses tidaknya bisnis kita pun dipengaruhi oleh kepemimpinan kita. Ketika jaringan atau sistem yg kita buat lemah atau mengalami kemunduran maka yg pertama kali hrs kita evaluasi adalah kepemimpinan kita. Apakah kita bisa dikategorikan pemimpin yg bijak atau pemimpin yg otoriter??? sering2lah kita evauasi kepemimpinan kita, cintai bawahan kita spt kita mencintai diri kita sendiri, sehingga kita selalu senantiasa memberikan kepercayaan dan kepemimpinan yg terbaik u orang2 yg kita pemimpin. Sehingga otomatis orang2 yg kita pimpin pun akan dengan sendirinya menghormati dan loyal thd kepemimpinan kita. so ... bg yg sdh punya "pasukan" segera evaluasi pasukan bisnisnya ... siapa tau mundurnya bisnis anda krn akibat sikap kita sendri. Adapun bbrp sikap yg hrs kita hindari sbg seorang pemimpin:
L = loser (pecundang)
L = Looter (perampok)
L = Lousy leader ( pemimpin yg buruk)
L = liar (pembohong)
semoga kita terhindar dr sfat2 di atas ya... mau tau bgm mjd pemimpin yg baik ??? tunggu bahasan lbh lanjutnya ttg pemimpin.
5. Visi = GOALS
seorang pemimpin hrs memiliki goals atau visi yg jelas dan terukur. Ketika kita menuliskan visi kita maka hal itu hrs SMART, adapun maksud dr SMART:
S = Specific = spesifik
M = Measurable = terukur
A = Attainable = mudah u di capai
R = Realistic = realistis
T = Timely = waktunya jelas/ada batas waktu

Kl i jelaskn secara singkatnya bahwa visi atau goals kita hrs sepsifik, kl i tuliskan pk b.inggris specific is the what, why, and how of the smart model. what are you going to do ?? why is this important to do at this time? how are you going to do ???
krg lebih spt itu penjelasan ttg spesifik, bisa ngerti kan??? maksudnya hrs jelas untuk apa, seberapa penting dan bagaimana kita melakukannya.
Measurable, terukur. Visi atau goals kita hrs terukur sehingga mudah kita evaluasi. Mungkin kl di istilah pendidikan ketika kita menuliskan suatu tujuan maka kita hrs bisa mengukurnya sehingga mudah untuk mengevaluasi ketercapaiannya.
Attainable, mudah di capai, dalam artian mudah dilaksanakan. Ketika kita merencanakan tujuan2 kita hrs tahu mana yg pertama kali kita laksanakan dengan cara mengklasifikasikan tujuan2 yg akan kita capai. kl dlm b.inggrisnya " when you identify goals that are most important to you, you begin to figure out ways, you can make them come true. "
Realistic, realistis. mmm ... i yakin pembaca bisa mengerti maksud dr realistis. Tentu saja tujuan2 yg kita buat hrs realistis arinya tdk terlalu muluk2 dan tinggi sehingga sulit u diwujudkan. realistis disini bisa diartikan "easy atau do-able" mudah dijalankan/di kerjakan. "Set the bar high enough for a satisfyng achievment"
Timely, ada batas waktu. Jadi ketika kita membuat sebuah tujuan maka harus ada batas waktu, sehingga kita akan dg mudah mengevaluasi dan segera melakukan strategi selanjutnya ketika dalam batas waktu tertentu tujuan kita tidak tercapai.
5. poin terakhir .... Creative miracle
Seorang pebisnis hrs memiliki kreativitas yg tinggi, krn saat ini banyak bisnis/usaha2 yg sukses krn kreativitas pengusahanya. ada pepatah yg mengatakan "Money is Just an idea" jd uang itu akan dtg karena ada ide, banyak org berhasil krn ide2 mereka yg kreatif. Banyak contoh yg bisa kita ambil spt air minum kemasan "Aqua", awal2 dikeluarkan mungkin org banyak yg bilang itu ide gila mengemas air minum, tapi seiring dg perkembangan jaman akhirnya aqua mjd brand tersendiri bahkan disetiap acara sdh menjadi sesuatu yg wajib adanya aqua (air minum kemasan). Contoh yg lain teh boto sosro, lngkapnya insya Allah nt i bahas ttg kisah2 pengusaha sukses yg dimulai dr kreatifitas ya. Yg jelas di sini i hanya ingin menyampaikan bahwa seorang pengusaha kl ingin sukses harus kreatif, selalu melahirkan ide2 yg bagus dan kreatif, sehingga ketika di lempar ke pasar akan menjadi sesuatu yg baru dan digemari konsumen.
wah ... akhirnya i bisa menuliskan jg point2 yg i dpt di training goal setting kmrn, mudah2an bisa menjadi tambahan refernsi bagi pembaca. Kl ada yg ga lengkap please koreksi ya ....

0 komentar:

Posting Komentar